Tarbiyah

Dakwah tidak lepas dari pendidikan, tetapi pendidikan belum tentu bermuatan dakwah.
Karena dakwah itu merupakan seruan untuk mempelajari dan mengamalkan agama, tentu harus melalui kegiatan mendidik. Sedangkan pendidikan, bisa mengandung dakwah dan bisa juga tidak. Bahkan pendidikan sekuler malah memisahkan agama dengan sistem pendidikan formal mereka.
Maka para pegiat dakwah pasti akan melakukan kegiatan pendidikan, baik secara formal sehingga mendirikan atau aktif di berbagai lembaga pendidikan, ataupun secara non formal dengan mengadakan pengajian dan kajian atau seminar, dsb.
Demikian juga, para da’i yang mendakwahkan Tauhid & Manhaj , pasti ada yang terjun dalam dunia pendidikan formal untuk semakin memaksimalkan tahapan dakwah.
Itulah mengapa para ulama yang mendakwahkan manhaj Salaf selalu menggencarkan konsep Tarbiyyah dan Tashfiyyah.
Tarbiyah bermakna pendidikan Islam. Namun karena banyaknya ajaran-ajaran sesat yang diklaim secara dusta sebagai ajaran Islam, maka butuh pengajaran Islam yang bersih dari berbagai kesesatan tersebut, maka dibutuhkan juga Tashfiyah: yang berarti pemurnian pemahaman tentang Islam dari berbagai kesesatan.
Oleh karena itu, pendidikanIslam dan berbagai hal yang berkaitan dengannya merupakan hal yang sangat pokok diperjuangkan oleh para da’i.
Demikan juga, musuh-musuh agama, akan sangat memanfaatkan dan mengeksploitasi pendidikan sebagai senjata non-militer dalam menjauhkan umat dari agama Islam.

==========

Pembahasan lebih lanjut, silakan pilih menu TARBIYAH lalu pilih Sub-sub Menu yang hendak di-browsing.

 

Baarakallah fiikum

%d blogger menyukai ini: