Orang yang Berkecukupan Tapi Kurang Perhatian pada Penampilannya

Pertanyaan di Grup Sabiluna Akhwat:

Dari fulanah anggota grup sabiluna
Domisili: Sapan

Bismillah,

Bagaimana sikap kita jika mertua ingin suami berpenampilan baik, maksudnya ingin baju2 nya baru. Sedangkan suami tidak suka beli baju selama baju lama masih layak pakai. Tapi menurut ibunya itu sudah belel atau jelek. Dan meminta saya istrinya untuk membelikan suami baju lagi. Ini membuat sy bingung. Syukron

========

 

Jawaban:

 

Alhamdulillah,

Apabila suami mampu membeli baju lagi sementara bajunya yang ada sudah belel dan jelek, maka nasihati suami tersebut untuk mengamalkan hadits berikut:

Dari Malik bin Auf radhiallahu ‘anhu, ia berkata,

” رَآنِي رسول الله صلى الله عليه وسلم رَثَّ الثِّيَابِ ، فَقَالَ: “هَلْ لَكَ مِنْ مَالٍ؟”  قُلْتُ: نَعَمْ مِنْ كُلِّ الْمَالِ ، قَالَ : ” فَإِذَا آتَاكَ اللَّهُ مَالًا فَلْيُرَ أَثَرُهُ عَلَيْكَ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihatku memakai pakaian yang usang, maka beliau bertanya, “Apakah Kau memiliki harta?” Aku menjawab, “Iya Rasulullah, aku memiliki semua jenis harta.” Beliau bersabda, “Jika Allah memberikan harta kepadamu, maka hendaknya terlihat tanda harta tersebut pada dirimu.” (HR. Tirmidzi).

yakni apabila ALlah telah memberinya kemampuan untuk memberli baju lagui maka hendaklah ia membeli lagi.
Adapun bersabar dengan baju yg belel dan jelek, maka itu dilakukan apabila TIDAK MAMPU atau tidak sempat membeli lagi.

Dan anjuran beli baju untuk suami tersebut semakin kuat tatkala mertua sangat ingin suami berpenampilan baik, dan keingingan mertua tersebut tidak bertentangan dengan agama, bahkan Allah itu menyukai keindahan:
Dalam sebuah hadits sahih disebutkan,⁠

إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ⁠

“Sesungguhnya Allah Maha indah dan mencintai keindahan” (HR. Muslim dari Ibnu Mas’ûd radhiyallahu’anhu).⁠

Maka, yg penanya lakukan, hendaklah menasihati suami dengan menyampaikan hadits-hadits di atas.
Apabila kurang mempan, maka kumpulkan uang lalu langsung belikan baju yg bagus. Insya Allah suami akan malu, apalagi bila dibelikan dengan hasil mengumpulkan uang sendiri tanpa minta. semoga nanti suami menyadari bhw istrinya sangat menginginkan suami itu berpenampilan baik.

===

 

Dijawab oleh: Ustadz Mochammad Hilman Al Fiqhy

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: